Rabu, 22 Februari 2012

MAKALAH KENAKALAN REMAJA


KENAKALAN REMAJA
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia
Penyusun :

NOVITA SARI



Kelompok IV
Kelas : VIII B


SMP NEGERI 2 SUMBERJAYA
KABUPATEN MAJALENGKA
DAFTAR ISI
Daftar Isi .............................................................................................................................  i
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang .......................................................................................................  1
B.     Rumusan Masalah ..................................................................................................  2
C.     Tujuan Penulisan ....................................................................................................  2
D.    Metode Pengumpulan Data ...................................................................................  2
E.     Sistematika Penulisan ............................................................................................  3
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian kenakalan remaja ..................................................................................  4
B.     Jenis-jenis kenakalan remaja ..................................................................................  4
C.     Ciri-ciri kenakalan remaja ......................................................................................  4
D.    Dampak negative kenakalan remaja .......................................................................  4
E.     Penanggulangan kenakalan remaja ........................................................................  5
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ............................................................................................................  6
Daftar Pustaka ...................................................................................................................  6
 
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kenakalan remaja merupakan gejala umum, khususnya terjadi di kota-kota besar yang kehidupannya diwarnai dengan adanya persaingan-persaingan dalam memenuhi kebutuhan hidup, baik yang dilakukan secara sehat maupun secara tidak sehat. Persaingan-persaingan tersebut terjadi dalam segala aspek kehidupan khususnya kesempatan memperoleh pendidikan dan pekerjaan. Betapa kompleksnya kehidupan tersebut memungkinkan terjadinya kenakalan remaja.
Penyebab kenakalan remaja sangatlah kompleks, baik yang berasal dari dalam diri remaja tersebut, maupun penyebab yang berasal dari lingkungan, lebih-lebih dalam era globalisasi ini pengaruh lingkungan akan lebih terasa. Pemahaman terhadap penyebab kenakalan remaja mempermudah upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Upaya-upaya tersebut dapat bersifat preventif, represif, dan kuratif.
Tanggung jawab terhadap kenakalan remaja terletak pada orangtua, sekolah, dan masyarakat, khususnya para pendidik baik yang ada di keluarga (orangtua), sekolah (guru-guru dan para guru pembimbing) maupun para pendidik di masyarakat, yakni para pemuka agama dan tokoh-tokoh masyarakat.









B.     Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam proses penyusunan makalah ini adalah “Kenakalan Remaja”.
Untuk memberikan kejelasan makna serta menghindari meluasnya pembahasan, maka dalam makalah ini masalahnya dibatasi pada :
1.      Apa Pengertian Kenakalan Remaja
2.      Apa Jenis-jenis Kenakalan Remaja
3.      Apa Ciri-ciri Kenakalan Remaja
4.      Apa Dampak Negatif Kenakalan Remaja
5.      Apa Penanggulangan Kenakalan Remaja

C.    Tujuan Penulisan
Pada dasarnya tujuan penulisan makalah ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan umum dalam penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Adapun tujuan khusus dari penyusunan makalah ini adalah :
1.      Untuk Menetahui Pengertian Kenakalan Remaja
2.      Untuk Menetahui Jenis-jenis Kenakalan Remaja
3.      Untuk Menetahui Ciri-ciri Kenakalan Remaja
4.      Untuk Menetahui Dampak Negatif Kenakalan Remaja
5.      Untuk Menetahui Penanggulangan Kenakalan Remaja

D.    Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan makalah ini, penulis secara umum mendapatkan bahan tulisan dari berbagai referensi, baik dari tinjauan kepustakaan berupa buku-buku atau dari sumber media internet yang terkait dengan Kenakalan Remaja.

E.     Sestimatika Penulisan
Sistematika penyusunan makalah ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yang selanjutnya dijabarkan sebagai berikut :
Bagaian kesatu adalah pendahuluan. Dalam bagian ini penyusun memeparkan beberapa Pokok permasalahan awal yang berhubungan erat dengan permasalah utama. Pada bagian pendahuluan ini di paparkan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan makalah.
Bagian Kedua yaitu pembahasan. Pada bagian ini merupakan bagaian utama yang hendak dikaji dalam proses penyusunan makalah. Penyususn berusaha untuk mendeskripsikan berbagai temuan yang berhasil ditemukan dari hasil pencarian sumber/bahan.
Bagian ketiga yaitu Penutup. Pada bagian Kesimpulan ini di paparkan tentang penutup. Pada Kesempatan ini penyusun berusaha untuk mengemukakan terhadap semua permasalahan-permasalahan yang dikemukakan oleh penyusun dalam perumusan masalah.









BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Kenakalan Remaja
Kita tahu bahwa remaja sangat banyak dan sering membuat onar di jalanan. Remaja tidak memikirkan sebab dan akibat yang dilakukannya  mereka hanya tahu senang-senang. Hal tersebut sering disebut kenakalan remaja dan apakah kenakalan remaja itu. Kenakalan remaja adalah perilaku-perilaku yang dilakukan remaja di luar dengan tujuan untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.

B.     Jenis-Jenis Kenakalan Remaja
Adapun jenis-jenis kenakalan remaja adalah sering keluar malam. Remaja sering menghabiskan waktunya di malam hari bersama teman-temannya mereka juga sering balapan liar di jalanan dan ugal-ugallan di jalanan. Akhirnya mereka ingin bersenang-senang dan tidak mau memikirkan pelajaran dan masa depannya.

C.    Ciri-ciri Kenakalan Remaja
Ciri-ciri kenakalan remaja adalah tidak mau belajar  karena yang mereka fikirkan hanyalah bersenang-senang dan berperta pora. Tidak mau di nasehati mereka akan marah dan memaki-maki, mereka merasa kita hanya mengganggu mereka.

D.    Dampat Negatif Kenakalan Remaja
Dampak negatif kenakalan remaja adalah bodoh mereka menjadi, bodoh karena mereka tidak mau belajar, tidak pernah belajar dan tidak mau memikirkan pelajaran, tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Remaja tidak pernah mempergunakan waktunya dengan baik. Karena waktunya habis terbuang  untuk bermain-main dan bersenang-senang tidak pernah memikirkan pelajaran sekolah. Dan juga dapat merusak positif dan tidak pernah melakukan ibadah akibatnya remaja menjadi nakal dan melakukan perbuatan  yang tidak baik.

E.      Penanggulangan Kenakalan Remaja
Adapun penanggulangan kenakalan remaja adalah membuat peraturan, kalau keluar malam sampai jam 22.00 Wib akan ditangkap. Apabila  remaja masih berkeliaran atau nongkrong pada jam 22.00 Wib ke atas ditangkap dan diberi sangsi.
Orang tua harus mengawasi anaknya. Orang tua harus melarang anaknya keluar malam sampai larut malam. Orang tua harus mengawasi anaknya dan juga menasehati anaknya. Memberikan siraman rohani dan juga mengadakan pengajian.


















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari Pembahasan dalam karya ilmiah ini, kesimpulan penulis adalah sebagai berikut:
1.      Para remaja tidak selamanya berperilaku negatif ternyata ada beberapa remaja yang mampu menjadi teladan bagi remaja di sekitar, bahkan masyarakatnya.
2.      Kurangnya dorongan dari pada orangtua menghambat kreativitas para remaja.

Daftar Pustaka
huderi.wordpress.com/2010/12/11/makalah-kenakalan-remaja/
unsilster.com/2011/02/isi-makalah-tentang-kenakalan-remaja/

0 komentar:

Posting Komentar