Rabu, 11 Juli 2012

TRIGONOMETRI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                     :  SMAN 1 BONE-BONE
MATA PELAJARAN                   :  MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER                     :  X / II (GENAP)
MATERI POKOK                        :  TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU                     :  2 x 45 menit
PERTEMUAN KE-                      :  19


Standar kompetensi :
5         Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar :
5.1.  Melaksanakan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan identifikasi trigonometri.
Indikator :
-          Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga.

A. Tujuan Pembelajaran :
        Setelah selesai pembelajaran siswa diharapkan dapat :
·         Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku yang sudutnya tetap tetapi panjang sisinya berbeda.
·         Mengidentifikasikan pengertian perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
·         Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut pada segitiga siku-siku.

B. Metode Pembelajaran :
-          Ceramah
-          Diskusi
-          Tanya jawab

C. Materi
Defenisi Perbandingan Trigonometri
Misalkan A merupakan sudut lancip, (lebih kecil dari 90o) dari sebuah segitiga siku-siku. Sinus (disingkat sin), cosinus (disingkat cos), dan Tangen (disingkat tan) dari sudut A didefenisikan sebagai berikut:
                   
Selain itu dikenal pula kebalikan dari perbandingan segitiga tersebutyang didefenisikan sebagai berikut:
Misalkan A merupakan sudut lancip dari sebuah segitiga suku-siku. Kosecan (cosec), sekan (sec)dan kotangen (cotan)dari sudut A didefenisikan sebagai berikut:
                            

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Uraian kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
- Apersepsi tentang teorema Phytagoras

5
2
Kegiatan Inti
Pengembangan
-     Menjelaskan tentang cara menentukan nilai perbandingan trigonometri (sin, cos, tg, cot, sec, cesec) pada segitiga siku-siku.
-     Menjelaskan tentang cara Menentukan panjang dua sisi segitiga siku-siku jika panjang sisi dan sebuah sudut diketahui.
Penerapan
-     Menugaskan siswa untuk menentukan perbandingan trigonometri (sin, cos, tg, cot, sec, cesec) pada segitiga siku-siku.
-     Menugaskan siswa untuk menentukan panjang dua sisi segitiga siku-siku jika panjang sisi dan sebuah sudut diketahui





50
3
Penutup
-     Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
-     Siswa diberikan latihan

7
3

E. Penilaian
        Jenis tagihan                        :   -  Quis
                                                              -  Tugas individu
                                                              -  Ulangan harian
        Bentuk tagihan                   :   -  Jawaban singkat
                                                              -  Essay tes
Alat penilaian:
1.       Diketahui segitiga siku-siku ABC dengan siku-siku di C mempunyai panjang sisi , carilah nilai dari keenam perbandingan trigonometri untuk sudut A.
2.       Segitiga ABC siku-siku di C dan  menyatakan besar sudut A. carilah perbandingan trigonometri sudut , jika diketahui panjang sisi-sisinya sebagai berikut.
      

F. Alat dan Sumber Belajar
        Alat                                          :   - 
        Sumber belajar                   :   -  Buku Matematika SMA Kelas X (Yudhistira)
                                                              -  Buku Matematika untuk SMA Kelas X (Widya Utama)





Mengetahui                                                                                            Bone-Bone, 10 Juli 2010
Kepala Sekolah                                                                                      Guru Mata Pelajaran




Muhajir J., S.Pd.                                                                                    M. Zainal Abidin, S.Pd. I.
NIP. 197102231995121002                                                                 NIP. 198506142009011003

0 komentar:

Posting Komentar