RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMAN 1 Cirebon
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS/SEMESTER : X / I (Satu)
MATERI POKOK : Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
PERTEMUAN KE- : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
B. KOMPETENSI DASAR :
· Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.
C. INDIKATOR :
· Mengubah bentuk perkalian ke bentuk pangkat dengan tepat.
· Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif.
· Mengubah bentuk pangkat positif ke pangkat negatif.
· Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat.
· Mengubah bentuk pangkat ke bentuk akar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat mengubah bentuk perkalian ke bentuk pangkat dengan tepat.
· Siswa dapat mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif.
· Siswa dapat mengubah bentuk pangkat positif ke pangkat negatif.
· Siswa dapat mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat.
· Siswa dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk akar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
BENTUK PANGKAT, AKAR, DAN LOGARITMA
· Pangkat Bulat Positif
Definisi: Untuk dan berlaku:
Contoh: Tuliskan perkalian berulang berikut dalam notasi pangkat!
· Pangkat Bulat Negatif
Definisi: Jika , dan adalah bilangan bulat positif maka: dan
Contoh: mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya
· Pangkat Nol
Definisi: Jika dan maka:
Contoh:
· Bentuk Akar
Bentuk akar adalah jika bilangan yang terdapat di dalam tanda akar bukan bilangan kuadrat atau akar dari suatu bilangan real positif yang hasilnya bukan merupakan bilangan rasional.
Contoh:
Bentuk umum:
Bentuk akar dengan . disebut indeks dan notasi disebut tanda akar. Notasi untuk akar pangkat tiga dari x ditulis , sedangkan notasi untuk akar kuadrat dari x ditulis atau lebih sering di singkat . Sehingga jika disebut bentuk akar, yang dimaksud adalah bentuk akar kuadrat.
· Pangkat Pecahan
Pada dasarnya bilangan berpangkat pecahan merupakan bentuk lain dari bentuk akar, hubungannya (bentuk pangkat ke bentuk akar dan sebaliknya) dapat dinyatakan sebagai berikut:
- Pangkat rasional berbentuk
Definisi: Jika dengan , maka
- Pangkat rasional berbentuk
Definisi: Jika bilangan real, , bilangan bulat, bilangan asli dengan , bilangan real dan , maka .
Contoh: mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.
Nyatakan bentuk berikut menjadi dimana bilangan prima dan bilangan rasional!
F. STRATEGI PEMBELAJARAN
· Model : Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
· Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal · Salam dan berdoa sebelum belajar. (religius) · Mengecek kehadiran dan mempersiapkan siswa mengikuti pembelajaran. · Menyampaikan kepada siswa materi yang akan dipelajari, kompetensi dasar, dan indikator yang ingin dicapai setelah pembelajaran ini. · Mengingatkan kembali kepada peserta didik mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat denganpangkat bulat positif. · Pentingnya mempelajari materi bentuk pangkat atau eksponen khususnya bilangan berpangkat dengan pangkat nol dan pangkat bulat negatif yangdibutuhkan untuk materi matematika lainnya misalnya persamaan kuadrat, turunan, dan sebagainya. | 15’ |
2 | Kegiatan Inti a. Eksplorasi · Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan contoh dari sifat pembagian bilangan berpangkat. · Guru memberikan stimulus kepada peserta didik melalui penyampaian materi mengenaibilangan berpangkat dengan pangkat nol beserta contohnya. · Guru membagipeserta didik ke dalam beberapa kelompok. · Guru merangsang daya pikir siswa mengenai nilai dari bilangan berpangkat dengan pangkat bulat negatif melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok. b. Elaborasi · Tiap kelompok mendiskusikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah diberikan oleh guru dan menuliskan hasil diskusinya dalam bentuk laporan. · Perwakilan dari tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. · Peserta didik dari kelompok lainnya menanggapi presentasi hasil diskusi dari kelompok penyaji. c. Konfirmasi · Guru memberikan umpan balik positif berupa pujian terhadap hasil diskusi peserta didik. · Guru memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok. · Guru memberikan penguatan materi mengenai bilangan berpangkat dengan pangkat bulat negatif. · Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya. | 65’ |
3 | Penutup · Peserta didik menyimpulkan materi apa yang mereka dapatkan hari ini dengan arahan dan bimbingan dari guru. · Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR). · Guru melakukan penilaian akhir. · Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya (bentuk akar & log). · Salam dan berdoa setelah belajar. (religius) | 10’ |
H. SUMBER/BAHAN/ALAT BANTU
· Alat : Laptop, LCD, Lembar Kerja Siswa (LKS)
· Media Pembelajaran : Microsoft Power Point
· Sumber : a. Buku Sekolah Elektronik (BSE), Matematika
SMA/MA Kelas X.
b. Erlangga, Matematika SMA untuk kelas X.
I. PENILAIAN
1) Jenis Tagihan
a. Penilaian Kognitif : Tugas Individu, Tugas Kelompok
b. Penilaian Afektif
2) Bentuk Instrumen : Uraian
3) Contoh Instrumen
1. Sederhanakanlah.
a. b.
2. Nyatakan bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
a. b.
3. Nyatakan bilangan berikut dalam notasi ilmiah.
a. 0,0000002578 b. 820.000.000.000.000
4. Di antara bilangan-bilangan berikut, manakah yang merupakan bilangan bentuk akar?
a. d.
b. e.
c. f.
5. Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut dalam bentuk akar yang sederhana.
a.
b.
6. Rasionalkan penyebut tiap pecahan berikut.
a. d.
b. e.
c.
7. Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam bentuk pangkat.
a. d.
b. e.
c.
8. Sederhanakanlah bentuk
9. Tentukan nilai x dari persamaan
10.
a. d.
b. e.
c.
11. Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
a. d.
b. e.
c.
12. Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
a. c.
b.
4) Teknik Penilaian
a. Penilaian Kognitif
No | Jenis Soal | Skor Maksimum | Perolehan Skor |
1 | Lembar Kerja Siswa (LKS) | 10 | |
2 | Pekerjaan Rumah (PR) | 15 | |
Jumlah | 25 | |
|
b. Penilaian Afektif
No | Hal-hal yang dinilai | Skor Maksimum | Perolehan Skor |
1 | Keaktifan Peserta didik | 5 | |
2 | Kemampuan Mengajukan Pertanyaan | 5 | |
3 | Kemampuan Menjawab Pertanyaan | 5 | |
Jumlah | 15 | |
Keterangan:
5 = Baik Sekali 3 = Cukup 1 = Kurang Sekali
4 = Baik 2 = Kurang
|
a. Peserta didik dinyatakan tuntas belajar jika tingkat pencapaiannya 75%
b. Memberikan program remedial bagi peserta didik yang belum tuntas belajar dan memberikan program pengayaan bagi peserta didik yang sudah tuntas.
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Cirebon
(Dra. Sri Sudaryati)
Jakarta, 25 Mei 2012
Guru Mata Pelajaran Matematika
(Rizky Nurul Fatihah)
0 komentar:
Posting Komentar