RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMAN 1 BONE-BONE
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : X / II (GENAP)
MATERI POKOK : TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
PERTEMUAN KE- : 19
Standar kompetensi :
5 Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar :
5.1. Melaksanakan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan identifikasi trigonometri.
Indikator :
- Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga.
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai pembelajaran siswa diharapkan dapat :
· Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku yang sudutnya tetap tetapi panjang sisinya berbeda.
· Mengidentifikasikan pengertian perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
· Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut pada segitiga siku-siku.
B. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya jawab
C. Materi
Defenisi Perbandingan Trigonometri
Misalkan A merupakan sudut lancip, (lebih kecil dari 90o) dari sebuah segitiga siku-siku. Sinus (disingkat sin), cosinus (disingkat cos), dan Tangen (disingkat tan) dari sudut A didefenisikan sebagai berikut:
Selain itu dikenal pula kebalikan dari perbandingan segitiga tersebutyang didefenisikan sebagai berikut:
Misalkan A merupakan sudut lancip dari sebuah segitiga suku-siku. Kosecan (cosec), sekan (sec)dan kotangen (cotan)dari sudut A didefenisikan sebagai berikut:
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No | Uraian kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan - Apersepsi tentang teorema Phytagoras | 5 |
2 | Kegiatan Inti Pengembangan - Menjelaskan tentang cara menentukan nilai perbandingan trigonometri (sin, cos, tg, cot, sec, cesec) pada segitiga siku-siku. - Menjelaskan tentang cara Menentukan panjang dua sisi segitiga siku-siku jika panjang sisi dan sebuah sudut diketahui. Penerapan - Menugaskan siswa untuk menentukan perbandingan trigonometri (sin, cos, tg, cot, sec, cesec) pada segitiga siku-siku. - Menugaskan siswa untuk menentukan panjang dua sisi segitiga siku-siku jika panjang sisi dan sebuah sudut diketahui | 50 |
3 | Penutup - Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman - Siswa diberikan latihan | 7 3 |
E. Penilaian
Jenis tagihan : - Quis
- Tugas individu
- Ulangan harian
Bentuk tagihan : - Jawaban singkat
- Essay tes
Alat penilaian:
1. Diketahui segitiga siku-siku ABC dengan siku-siku di C mempunyai panjang sisi , carilah nilai dari keenam perbandingan trigonometri untuk sudut A.
2. Segitiga ABC siku-siku di C dan menyatakan besar sudut A. carilah perbandingan trigonometri sudut , jika diketahui panjang sisi-sisinya sebagai berikut.
F. Alat dan Sumber Belajar
Alat : -
Sumber belajar : - Buku Matematika SMA Kelas X (Yudhistira)
- Buku Matematika untuk SMA Kelas X (Widya Utama)
Mengetahui Bone-Bone, 10 Juli 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Muhajir J., S.Pd. M. Zainal Abidin, S.Pd. I.
NIP. 197102231995121002 NIP. 198506142009011003
0 komentar:
Posting Komentar